Senin, 13 Februari 2017

Mengedit Lembar kerja Exel

Menambahkan, mengedit, menemukan, dan menghapus baris dengan menggunakan formulir data

Penting: Artikel ini adalah terjemahan mesin, lihat penafian. Temukan versi bahasa Inggris artikel di sini sebagai rujukan Anda.
Bila sebaris data dalam lembar kerja sangat lebar dan memerlukan pengguliran horizontal berulang kali, sebaiknya gunakan formulir data untuk menambahkan, mengedit, menemukan, dan menghapus baris.

Apa yang ingin Anda lakukan?

Mempelajari tentang formulir data
Membuat formulir data
Menggunakan formulir data
Menambahkan baris data baru
Menemukan baris dengan menavigasi
Menemukan baris dengan memasukkan kriteria pencarian
Mengubah data dalam sebuah baris
Menghapus baris
Menutup formulir data

Mempelajari tentang formulir data

Formulir data menyediakan cara yang mudah untuk memasukkan atau menampilkan sebaris lengkap informasi dalam rentang atau tabel tanpa menggulir secara horizontal. Anda mungkin menemukan bahwa penggunaan formulir data bisa membuat entri data lebih mudah daripada memindahkan dari kolom ke kolom ketika Anda mempunyai banyak kolom data yang bisa dilihat pada layar. Gunakan formulir data ketika formulir kotak teks sederhana yang mencantumkan judul kolom sebagai label sudah memadai dan Anda tidak memerlukan fitur formulir yang canggih atau kustom, seperti kotak daftar atau tombol putar.
Contoh formulir data yang umum
Microsoft Excel dapat secara otomatis membuat formulir data bawaan untuk rentang atau tabel Anda. Formulir data menampilkan semua header kolom sebagai label dalam kotak dialog tunggal. Setiap label mempunyai kotak teks yang berdekatan di mana Anda bisa memasukkan data untuk setiap kolom, sampai maksimum 32 kolom. Di formulir data, Anda bisa memasukkan baris baru, menemukan baris dengan navigasi, atau (menurut konten sel) memperbarui baris dan menghapus baris. Jika sel berisi rumus, hasil rumus ditampilkan dalam formulir data, namun Anda tidak bisa mengubah rumus dengan menggunakan formulir data.
Catatan: Anda tidak dapat mencetak formulir data. Selain itu, karena formulir data adalah kotak dialog modal, Anda tidak dapat menggunakan perintah Cetak Excel atau tombol Cetak sampai Anda menutup formulir data. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan tombol Windows Print Screen untuk mengambil gambar formulir, lalu menyalinnya ke Microsoft Paint atau program lain.
Atas Halaman

Membuat formulir data

  1. Bila perlu, tambahkan header kolom ke setiap kolom dalam rentang atau tabel. Excel menggunakan header kolom ini untuk membuat label bagi setiap bidang pada formulir.
    Penting: Pastikan tidak terdapat baris kosong dalam rentang data.
  2. Klik sel dalam rentang atau tabel yang ingin Anda tambahkan ke formulir.
  3. Untuk menambahkan tombol Formulir Tombol Kontrol Formulir ke Toolbar Akses Cepat, lakukan yang berikut:
    1. Klik panah di samping Toolbar Akses Cepat, lalu klik Perintah Lainnya.
    2. Dalam kotak Pilih perintah dari, klik Semua Perintah, lalu pilih tombol Formulir Tombol Kontrol Formulir dalam daftar.
    3. Klik Tambahkan, lalu klik OK.
  4. Pada Toolbar Akses Cepat, klik Formulir Tombol Kontrol Formulir .
Penting: Jika Anda melihat pesan yang menyatakan "Terlalu banyak bidang dalam formulir data", maka Anda perlu mengurangi jumlah kolom, karena formulir data hanya dapat memuat hingga 32 kolom. Satu solusi (bila bekerja dengan sebuah rentang kolom) adalah menyisipkan kolom kosong, yang secara efektif memisahkan satu rentang menjadi dua rentang. Selanjutnya, bila perlu, buat formulir data terpisah untuk kolom di sebelah kanan kolom yang kosong.
Atas Halaman

Menggunakan formulir data

Anda dapat menggunakan formulir data untuk menambahkan, menemukan, mengubah, dan menghapus baris dalam rentang atau tabel.

Menambahkan baris data baru

  1. Dalam formulir data, klik Baru.
  2. Dalam formulir data yang muncul, ketikkan data untuk baris baru dalam bidang yang disediakan.
    Untuk pindah ke bidang berikutnya dalam baris tersebut, tekan Tab. Untuk pindah ke bidang sebelumnya, tekan Shift+Tab.
  3. Setelah Anda selesai mengetik data, tekan Enter untuk menyimpan perubahan Anda dan menambahkan baris ke bagian bawah rentang atau tabel.
    Penting: Jika Anda melihat pesan yang menyatakan "Tidak dapat memperluas daftar atau database," artinya data yang sudah ada mungkin akan ditimpa jika Anda melanjutkan. Jika Anda menambahkan baris ke sebuah tabel atau rentang dengan menggunakan formulir data, Excel akan memperluasnya ke bawah. Jika memperluas tabel akan menimpa data yang sudah ada, Excel akan menampilkan pesan Tidak dapat memperluas daftar atau database. Susun ulang data pada lembar kerja Anda sehingga rentang atau tabel tersebut dapat diperluas ke bawah dari baris terakhir.
Catatan: Sebelum Anda menekan Enter, Anda dapat membatalkan perubahan apa pun dengan mengklik Pulihkan dalam formulir data. Data apa pun yang sudah Anda ketikkan dalam bidang akan dibuang.
Atas Halaman

Menemukan baris dengan menavigasi

Lakukan satu atau beberapa hal berikut ini:
  • Untuk berpindah beberapa baris sekaligus, gunakan panah bilah gulir dalam formulir data.
  • Untuk berpindah 10 baris sekaligus, klik bilah gulir dalam area antara panah.
  • Untuk berpindah ke baris berikutnya dalam rentang atau tabel, klik Temukan Berikutnya.
  • Untuk berpindah ke baris sebelumnya dalam rentang atau tabel, klik Temukan Sebelumnya.
Atas Halaman

Menemukan baris dengan memasukkan kriteria pencarian

  1. Klik Kriteria, lalu masukkan kriteria perbandingan dalam formulir data.
    Semua item yang dimulai dengan kriteria perbandingan akan difilter. Misalnya, jika Anda mengetikkan teks Dav sebagai kriteria, Excel akan menemukan "Davidovski" dan "Davis". Untuk menemukan nilai teks yang memiliki karakter yang sama tetapi bukan yang lainnya, gunakan karakter wildcard sebagai kriteria Anda.
    Karakter wildcard berikut dapat digunakan sebagai kriteria perbandingan untuk filter, serta bila Anda mencari dan mengganti konten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar